JALUR CEMORO SEWU



Pos jalur pendakian Gunung Lawu lewat cemoro sewu ini berada di di jalan antara kabupaten Karanganyar dan Magetan tepatnya di jalan dari Tawangmangu menuju Sarangan. Jalur ini menjadi favorit para pendaki Gunung Lawu karena banyak spot pemandangan yang keren, mulai dari hutan, rerumputan, batu besar, sendang (kolam), bukit, tanjakkan cinta, bahkan warung makan di tengah perjalanan dan di puncak. Baiklah
tanpa panjang lebar lagi saya mulai perjalanan dari pos pendakian gunung Lawu.

Basecamp – Pos I (Wes-Wesan)
Di awal perjalanan dari pos pendakian cemoro sewu (biasa disebut juga Basecamp) kita akan melewati pepohonan rimbun dimana lokasi tersebut juga adalah camping ground yang biasa dipakai oleh pengunjung yang hanya ingin wisata saja tanpa mendaki. Selanjutnya kita akan melewati perkebunan warga, terus berjalan kita ketemu Sendang Panguripan tak jauh dari situ kita akan sampai di warung makan yang berada di pos I (Wes wesan). perjalanan awal ini memakan waktu kira – kira 1 – 1,5 jam perjalanan.

Pos I (Wes-Wesan) – Pos II (Watu Gedeg)
Dari sini perjananan mulai terasa lumayan berat. Pada jalur ini kita akan bertemu batu besar yang bernama “Watu Jago”, dari Watu Jago ini trek yang akan dilalui adalah bebatuan ditata khusus oleh masyarakat setempat untuk para pendaki. Perjalanan dari Pos I (Wes-Wesan) ke Pos II (Watu Gedeg) ini memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam prjalanan.

Pos II (Watu Gedeg)  – Pos III (Watu Gede)
Selanjutnya dari Pos II (Watu Gedeg)  sampai Pos III (Watu Gede) perjalanan mulai semakin berat. Trek ini  berisi bebatuan yang tajam dan tepi-tepi jurang yang lumayan menyulitkan pendaki. Keseruan ini berlangsung kira – kira 2 – 2,5 jam sebelum sampai pos III.

Pos III (Watu Gede) – Pos IV (Watu Kapur)
Setelah dari pos III kita akan berjalan lagi k epos IV yaitu pos watu Kapur. Di pos watu kapur ini sangat cocok mendirikan tenda bagi yang suka naik pada malam hari karena di pos ini tempatnya enak dan dan banyak pepohonan, walaupun untung – untungan karena di tempat ini hanya sanggup untuk 2 tenda saja.
Perjalanan dari pos III sampai pos IV ini memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan.

Pos IV (Watu Kapur) – Pos V (Jolotundo)
Nah tiba di jalur favorit para pendaki setelah Pos 4 ini jalur yang dilalui datar dan hanya bergelombang serta treknya berbatuan rapih. Ditambah lagi kanan-kiri pemandangan luar biasa, disini juga kita akan menemukan dengan sumber air yang disebut Sumur Jalotundo sebelum pos V. karna treknya landai perjalanan dari pos IV k epos V paling lambat ditempus sekitar 30 menit.

Pos V (Jolotundo) – Sendang Drajat
 
Dari pos V ini kita akan menuju check point pertama bagi para pendaki yaitu sendang drajat disini banyak pendaki bermalam sebelum dini hari ke puncak untuk melihat sunriese. Bagi yang tidak bawa tenda jangan khawatir karena disini ada rumah sekaligus warung milik warga yang biasa dipakai para pendaki untuk menginap. Di sini juga tempat sumber air bernama “Sendang Drajat”. Dari pos V ke sendang drajat ini memerlukan waktu sekitar 15 menit saja.

Sendang Drajat –  Puncak Hargo Dalem (30 menit)
Perjalanan selanjutnya menuju puncak hargo dalem sekitar 30 menit. Dari Sendang Drajat kita hanya perlu berjalan sebentar menyusuri bukit dan sampailah kepada puncak Harga Dalem 3170 mdpl. Pada jalur menuju Hargo Dalem kita akan bertemu dengan tenjakkan yang mirip dengan “Tanjakkan Cinta”-nya Semeru.
Di  Hargo Dalem sendiri kita akan menemui banyak pemukiman penduduk. Para penduduk di gunung Lawu terkenal sebagai penduduk yang memiliki fisik kuat. Pasalnya mereka bisa naik-turun gunung beberapa kali untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Hargo Dalem kita akan bertemu dengan Warung Mbok Yem yang terkenal itu. Itulah dia warung tertinggi di pulau Jawa. Bayangkan saja ada warung makan di puncak Gunung.

Hargo Dalem – Hargo Dumilah
Untuk menuju Hargo Dumilah (puncak tertinggi) kita akan berjalan menanjak. Treknya berupa bukit hanya saja menanjak tinggi. Dari puncak Hargo Dumilah kita bisa melihat ke bawah ada Telaga Kuning. Kita juga bisa melihat gunung-gunung lain seperti Merapi-Merbabu, Arjuno-Welirang. Perjalanan ini memakan waktu 30 menit – 1 jam perjalanan.



No comments:

Post a Comment