JALUR CEMORO KANDANG



Jalur pendakian Cemoro Kandang terletak tidak jauh dari basecamp Cemoro Sewu, jaraknya 200 meter, walaupun begitu keduanya memiliki pemandangan trek yang berbeda walaupun pemandangannya sama sama menakjubkan.

 Basecamp – Pos I (Tamansari Bawah)
Memulai pendakian pada jalur ini trek agak landai dan kita akan berjalan menyusuri hutan pohon cemara dan perkebunan khas lereng pegunungan. Perjalanan dari pos pendakian (basecamp) ke epos I memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Di pos satu juga tersedia bangunan tempat istirahat dan berlindung. Pada hari kamis sampai minggu biasanya disini warga juga berjualan, karena pada hari itu biasanya banyak pendaki yang dating ke gunung lawu ini.

Pos I (Tamansari Bawah) – Pos II (Tamansari Atas)
Pada jalur ini sama seperti jalur sebelumnya. Walaupun jalansudah mulai curam. Perjalanan pos I sampai pos II ini memakan waktu sekitar 1 jam. Di jalur ini juga kita bias melihat kawah candradimuka yang tak henti mengeluarkan asap dan bau belerang yang lumayan menyengat.

Pos II (Tamansari Atas)  – Pos III (Pengik)
Selanjutnya kita berjalan melalui jalur memutar dan bebatuan menanjak. Di jalur ini kita akan menemukan sungai kecil dan sumber air, kemudian kita juga menyusuri lereng puncak cokro suryo dimana jalannya berupa tebing batu yang sempit. Perjalanannya memakan waktu sekitar 2 jam.

Pos III (Pengik)  – Pos IV
Mulai jalur ini trek semakin berat. Kita akan melewati bebatuan terjal dan alam terbuka. Kita juga akan menemukan sumber air bernama sendang panguripan yang mempunyai air jernih dan dingin. Oleh warga sumur ini dikeramatkan, tak heran bila kadang – kadang ita akan menemukan sesajen disini.
Pendakian pos III sampai pos IV memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Pos IV – Pos V
Jalur menuju puncak kita akan banyak menemui pemandangan indah dengan trek yang sangat bervariasi dari mulai padang rumput sampai padang edelwis. Perjalanan menakjubkan dari pos IV sampai pos V akan ditempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Pos V – Puncak
Dari pos V sampai puncak baik hargo dalem maupun hargo dumilah ditempuh dalam waktu 1 jam.


No comments:

Post a Comment