TEMPAT WISATA SEPUTAR KAWASAN TNGGP : KEBUN RAYA CIBODAS


KEBUN RAYA CIBODAS

Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden) mempunyai luas luasnya hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit. Kebun Raya Cibodas yang
terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur ini. Memang tepat berada di bawah kaki gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 1.275 m dpl dan bersuhu udara 17 – 27 derajat Celcius. Bayangkan betapa sejuk dan segarnya udara di kebun raya yang satu ini. 

Kebun Raya Cibodas  karena keindahannya menjadi terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Bahkan ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu sorga dnia, bahkan ada juga yang menjulukinya sebagai Taman Firdaus di Asia.
Dilihat dari beberapa sumber, didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Awalnya beliau membuka kebun raya ini untuk perkebunan kina. Tapi Ternyata tanah Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, akhirnya kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.
Nah, pada saat bibit pohon kina yang datang dari negeri Belanda tiba di Batavia yaitu pada 11 April 1852 ini yang kemudian dijadikan hari lahirnya Kebun Raya Cibodas.
Uniknya setiap tanggal 11 April, Anda bisa bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas gratis. Jadi bagi Anda yang suka gratisan silahkan kunjungi Kebun Raya Cibodas pada tanggal tersebut.

No comments:

Post a Comment