JALUR PENDAKIAN VIA GUNUNG PUTRI



Basecamp – Legok Leunca
Untuk mendaki gunung gede pangrango kita mulai pendakian dari basecamp k epos satu yaitu pos legok leunca atau biasa juga disebut pos selamat dating. Perjalanan ini kita akan benar – benar disuguhi pemandangan pedesaan dengan kebun – kebun dan pesawahan warga jalannya pun masih enak sedikit
menanjak, untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Legok Leunca – Buntut Lutung
Disini kita mulai merasakan perbedaan mendaki lewat cibodas dan gunung putri. Lewat gunung putri ini perjalanan akan terasa berat ini disebabkan tidak seperti jalur Cibodas yang kaya akan sumber air di setiap perjalanannya, di jalur Gunung Putri jarang ditemui sumber air. Untuk perjalanan sampai k epos buntut lutung diperlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Buntut Lutung – Lawang Sekateng
 Dari pos buntut lutung perjalanan dilanjutkan ke lawing sekaten, jalur ini bisa dibilang jalur paling menantang bagi para pendaki, di jalur ini trek terus menanjak dan tanpa bidang datar sekalipun dan semakin seru karna pada jalur ini dipenuhi bebatuan dan akar-akar pohon yang lebat. Keseruan dijalur ini akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Lawang Sekateng – Simpang Maleber
 Tidak sampai disitu keseruan pun masih berlanjut pada 1,5 jam berikutnya, kita akan terus mendaki dari Lawang Sekateng menuju Simpang Maleber dengan trek yang masih menanjak dan kanan-kiri pepohohan rimbun khas Jawa Barat.

Simpang Maleber – Alun-alun Surya Kencana Timur
Dari simpang maleber ini kita akan berjalan selama 1 jam menuju yang disebut surganya gunung gede pangrango yaitu Alun-Alun Surya Kencana. Nah, di sinilah semua rasa lelah dan letih para pendaki akan terbayar lunas.
Alun-Alun Surya Kencana adalah lahan yang luas dan di tengahnya mengalir aliran sungai kecil dari puncak gunung Gede. Di sekitarnya ditumbuhi Bunga Edelweiss, dan rerumputan sepanjang mata memandang. Biasanya ini adalah tempat favorit pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam sebelum dini hari menuju puncak gede pangrango.

Alun-alun Surya Kencana – Puncak Gunung Gede (30 menit)
Setelah istirahat dan melepas lelah di Alun-alun Surya Kencana  selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju puncak Gede yang bisa dicapai dalam 30 menit sampai 45menit.


No comments:

Post a Comment