JALUR PENDAKIAN VIA SELABINTANA



Selabintana merupakan jalur alternatif pendakian Gunung Gede Pangrango dan disini sebenarnya jalur paling seru karena dibandingkan dengan dua jalur lain, jalur ini medannya lumayan terjal yang terjal, becek dengan banyak pacet yang sering menyerang para pendaki. Jalur ini hanya diminati bagi mereka yang suka dengan tantangan dan bosan dengan jalur Cibodas dan Gunung Putri.


Pos Pemeriksaan - Pos Citingar
Pendakian via selabintana ini  diawali dari Pos Pemeriksaan kita akan melewati sungai yang sangat jernih dan dingin, dan kita masuk kedalam kawasan hutan lebat sehingga kita akan benar – benar merasa sebagai petualang J. Trek berupa jalan berbatu yang tertata rapi menyusuri punggung gunung. Di perjalanan ini juga kamu akan menemui menara pengamat burung. Perjalanan ke Pos Citingar akan menghabiskan waktu kira – kira 1 jam . Pos ini berada pada ketinggian sekitar 1000 mdpl.

Pos Citingar - Pos Cigeber
Dari sini keseruan akan tantangan berlanjut apalagi saat musim hujan karena jalanan akan sangat licin. Trek di jalur ini berupa tanah gembur bekas dedaunan yang membusuk. Estimasi waktu untuk sampai di Pos Cigeber adalah sekitar 1 jam perjalanan. Pos Cigeber memiliki ketinggian sekitar 1300 mdpl. Perlu diperhatikan, Pos Cigeber sangat rawan terhadap longsor, maka dari itu kamu harus hati - hati.

Pos Cigeber - Pos Cileutik
Perjalanan akan dilanjutkan dengan menyusuri pinggiran jurang. Kamu harus berhati - hati melewati jalur ini dan jangan sampai salah langkah. Perjalanan sampai di Pos Cileutik akan menghabiskan waktu 1 jam perjalanan. Pos Cileutik berada pada ketinggian sekitar 1500 mdpl.

Pos Cileutik  - Alun - Alun Surya Kencana
Dari Pos Cileutik perjalanan dilanjutkan dengan jalan menurun dan akan menemui sungai, diarea ini bisa menampung 3 tenda. Kalau ingin melanjutkan kamu harus melewati sungai dan masuk ke hutan dengan trek menanjak berupa tanah lembek. Setelah 1 jam berjalan kamu akan sampai ke pos pepohonan (saya biasa menyebutnya begitu) karena disini kamu bias menemukan pepohonan  yang berbentuk aneh. Selanjutnya kamu akan melewati medan yang sangat terjal sehingga memaksa kamu untuk berpegangan dengan akar pohon. Jika kita sudah menemukan jalur yang ditumbuhi rerumputan, itu tandanya kamu sudah dekat dengan pos pertigaan yang mana kalau memilih ke kanan kamu akan sampai di Gunung Gumuruh sedangkan ke kiri akan sampai di Alun - Alun Surya Kencana. Untuk sampai di pertigaan tersebut akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari pos yang memiliki pohon aneh. 
Dari pertigaan kamu membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai ke Alun - Alun Surya Kencana. Disini kita bisa mendirikan tenda untuk selanjutnya melakukan summit ke puncak. Alun - Alun Kencana merupakan lahan luas berupa rerumputan yang dikelilingi bunga edelweis yang sangat cocok untuk mendirikan tenda. Disini merupakan view terbaik pendakian Gunung Gede Pangrango.

Alun - Alun Surya Kencana - Puncak Gede
Perjalanan dari Alun - Alun Surya Kencana hinggga ke puncak Gede adalah sekitar 30 menit perjalanan dengan trek menanjak dan berupa bebatuan hingga sampai ke puncak Gede.

No comments:

Post a Comment