JALUR PENDAKIAN VIA CIBODAS



Untuk melakukan pendakian di Gunung gede pangrango lewat jalur manapun yang harus pertama dilakukan adalah melakukan pendaftaran untuk pendakian Gunung Gede-Pangrango minimal 30 hari sebelum pendakian, pendaftaran bias dilakukan secara online via website resmi TNGGP di http://booking.gedepangrango.org, disitu juga tertulis ketentuan – ketentuan pendakian gunung gede
pangrango, ketentuan itu dilakukan semata-mata untuk menjaga gunung serta isinya dan tentu saja pendaki itu sendiri.Dan pada waktu start awal kita diwajibkan melakukan registrasi ulang di pos pendaftaran.
Baiklah kita mulai pendakiannya J oh ya jangan juga cek perlengkapan mendakinya terutama menyangkut keselamatan ya…

Pos Pendaftaran – Tarentong
Dari pos pendaftaran ke taretong sekitar 15 menit, disini kita masih banyak ketemu orang – orang yang sedang berwisata dan biasanya kalo hari libur banyak juga yang membawa satu keluarga karna memang di cibodas ini sangat asik untuk wisata keluarga.

Taretong – telaga biru
Jalur ini masih kondisi jalanan rapih dengan batuan yang tersusun, disini kita juga masih akan bertemu orang lalu lalang biasanya mereka yang berwisata ke curug cibeuteum dan telaga biru. Perjalanannya sendiri ditempuh sekitar 30 menit.

Telaga biru – rawa panyancangan
Dari telaga biru kita berjalan lagi sekitar 20 menit maka akan ketemu rawa panyancangan, disini juga adalah persimpangan jalur pendakian ke puncak gunung gede pangrango dan jalur ke curug cibeureum.

Rawa Panyangcangan – Rawa Denok 1
Selanjutnya dari Rawa Panyangcangan kita akan melewati jalan yang dibuat dari beton sehingga nyaman untuk dilewati. Perjalanan itu akan memakan waktu sekitar 10 menit.

Rawa denok 1 – air panas
Dari sini kita mulai mendaki yang sebenarnya, jalan bebatuan dan mulai terjal, menanjak, memutar, dan melelahkan walaupun menurut saya itu terbayar dengan keindahan, suasana, dan udara yang segar J.
Dari rawa denok 1 ke air panas sekitar 2 jam kita akan melewati pos – pos  :
Rawa Denok 1 – Rawa Denok 2 – Bartu Kukus 1 – Batu Kukus 2 - Batu Kukus 3 dan  Pondok Pemandangan – air panas.

Air Panas – Kandang Batu
Setelah dari air panas ita berjalan lagi sekitar 1 jam menuju kandang batu. Disini tempat lumayan luas untuk istirahat bahkan menjadi salah satu tempat faporit untuk mendirikan tenda.

Kandang batu – kandang badak
Dari kandang batu perjalanan dilanjutkan ke kandang badak, dalam perjalanan ke kandang badak sekitar 10 menit kita akan menemukan sumber air lagi yaitu curug panca weuleuh. Setelah kita berjalan kira – kira satu jam kita akan sampai di kandang badak, nah disinilah tempat paling favorit para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam, disini tersedia juga sumber air dan pos kandang badak ini cukup luas hingga bias menampung puluhan tenda.


Kandang batu – puncak gede
Dari sini kita berjalan lumayan jauh kira – kira 2 jam untuk menuju puncak gunung gede pangrango, di tengah jalan kita akan menemukan persimpangan untuk menuju ke dua puncak. Simpangan ke kiri kita akan menuju puncak gede dan simpangan ke kanan kita akan menuju puncak pangrango.

No comments:

Post a Comment